Budidaya-Hamster-Membawa-Keuntungan-Khusus-Pemula

Budidaya Hamster Membawa Keuntungan Khusus Pemula

Budidaya Hamster – Siapa yang tidak mengenal dengan jenis hewan pengerat yang satu ini ? Hamster adalah salah satu jenis hewan pengerat kecil yang hampir mirip seperti tikus ,namun walaupun terlihat mirip spesies hamster tidak berkerabat dengan tikus melainkan tergolong kedalam spesies ordo rodentia.

Hewan kecil dan imut yang satu ini merupakan binatang peliharaan yang memiliki minat dan popularitas penggemar yang cukup besar diantara jenis hewan lainnya ,selain terlihat menggemaskan jenis hewan ini juga sering dibudidayakan untuk melahirkan anakan untuk dijual dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Bagaimana bisa ?.

Setiap indukan dari hamster dapat menghasilkan anakan dalam satu kali proses melahirkan sejumlah 6-8 ekor (ada juga yang hingga 10 ekor) ,sedangkan untuk proses pembuahan dalam setahun hamster bisa melakukannya hingga berkali-kali. Untuk proses masa kehamilan hamster juga tidak memakan waktu yang lama yakni hanya berkisar sekitar 16-18 hari (tergantung dari jenis hamster tersebut).

Namun walaupun tergolong menguntungkan namun ternyata untuk membudidayakan hamster tidak semudah yang anda bayangkan ,belum lagi anda membutuhkan beberapa hal dan pengetahuan dalam berternak hamster yang baik agar nantinya proses budidaya dapat berjalan dengan lancar. Namun sebelum itu terlebih dahulu untuk anda mengenal beberapa jenis hamster serta mengenal karakteristiknya agar nantinya bisa menjadi pilihan anda ketika hendak membudidayakannya.

Jenis Hamster

Setidaknya terdapat 7 jenis hamster yang cukup dikenal dan memiliki tingkat peminat yang besar ,namun hanya sekitar 5 jenis saja yang tercatat sering banyak menjadi pilihan untuk di budidayakan / diternak. Apa saja itu ?

Hamster Syrian

Hamster Syrian Deposit Sbobet Basket merupakan salah satu jenis hamster yang memiliki tubuh paling besar diantara jenis hamster lainnya ,untuk jenis hamster ini memiliki sifat soliter / penyendiri sehingga tidak heran apabila anda menempatkan dirinya dalam satu kandang sendiri. Jenis hamster ini juga terkenal dengan mudah dijinakan dan sangat ramah dengan manusia sehingga sangat dianjurkan bagi pemula untuk memilih dan mengembangbiakkannya.

Hamster Campbell

Diantara jenis hamster lainnya ,untuk jenis hamster campbell merupakan hewan yang cukup berani dan galak dibandingkan dengan hamster lainnya ,mereka tidak segan untuk mengigit apabila merasa terusik ,namun apabila sudah mengenal dengan baik dengan bau majikannya mereka akan menjadi hewan yang paling nurut dibandingkan yang lain.

Hamster Winter White

Sama seperti namanya  jenis hamster yang satu ini aslinya berhabitat di daerah bersalju ,sehingga apabila sedang berada dalam suhu ruangan dingin maka bulu dari jenis hamster ini dapat berubah menjadi putih mutiara ,karakteristik dari hewan ini juga sangat jinak dan manja walau tidak sedikit juga ada yang penakut.

Hamster Roborovski

Hamster Roborovski adalah spesies hamster paling kecil dan paling cepat dari semua jenis hamster ,memiliki habitat asli di Gurun Gobi ,Tiongkok Utara dan Padang Pasit Mongolia jenis hamster yang satu ini dikatakan sering menjadi pilihan untuk binatang peliharaan dikarenakan bentuknya yang lebih menggemaskan.

Hamster Hybrid

Hamster Hybrid merupakan spesies hamster yang sebenarnya tidak akan bisa anda dapatkan di alam bebas ,hal ini dikarenakan memang pada dasarnya sesuai dengan namanya jenis hamster ini merupakan spesies yang ada berkat hasil perkawinan silang antara jenis dua jenis hamster yang berbeda contohnya campbell dan winter white.

Selanjutnya setelah mengetahui jenis dan karakteristik dari hewan mungil ini lantas bagaimana caranya untuk mengembang biakannya jenis hewan kecil ini hingga menjadi keuntungan bagi kita ?

Cara Budidaya Hamster Membawa Keuntungan

Untuk proses perkawinan merupakan satu tahap yang cukup sulit untuk dilakukan terdapat beberapa hal yang perlu anda ketahui seperti salah satunya bagaimana cara memasangkan / menjodohkan sepasang indukan dan jantan agar nantinya proses budidaya dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan anakan yang berkualitas.

1. Mengetahui Jenis Kelamin Hamster

Pertama adalah anda perlu untuk mengenali jenis kelamin dari hamster ,untuk memastikan jenis kelamin dari hewan ini tidak sesulit yang dibayangkan dimana biasanya pada hamster jantan ukurannya akan jauh lebih besar dibanding dengan betinanya.

2. Ketahui Masa Subur Hamster

Kedua adalah mengetahui masa pertumbuhan dari jenis hewan mungil yang satu ini ,biasanya setiap jenis memiliki masa subur yang berbeda-beda tergantung dari jenisnya seperti contoh ,syrian memiliki masa subur ketika berumur 2-3 bulan, campbell memiliki masa subur sekitar 3 bulan, winter white memiliki masa subur lebih lama yakni 4-5 bulan, roborovski jauh lebih lama yakni 7-8 bulan sedangkan untuk hamster hybrid biasanya sekitar 5 bulan.

3. Masuk Tahap Perkawinan

Setelah dua hal diatas telah anda pastikan selanjutnya adalah masuk kedalam tahap perkawinan ,dalam tahap ini anda perlu harus berhati-hati sebab dalam tahap ini merupakan tahap perjodohan ,apabila proses ini gagal maka anda tidak akan menghasilkan apa-apa dan harus mengulang dari awal kembali.

4. Pisahkan Hamster

Jika proses perjodohan berhasil maka hamster jantan akan mengendus si betina dan selanjutnya prose perkawinan akan dimulai ,biar seperti itu sekita 3 hingga 1 minggu ,lalu setelah itu silakan pisahkan hamster jantan ke dalam kandang lainnya ,sebab disaat sedang hamil hamster bertina akan mudah stress.

5. Jangan Sentuh Anakan Hamster

Saat proses persalinan usahakan jangan sampai menyentuh anakan dari hamster tersebut sebab bau dari tangan kita akan menempel pada anakan hingga akhirnya sang dari indukan akan memakan anaknya sendiri.

Inilah beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin mencoba memelihara hewan imut nan lucu ini sekaligus ingin mendapatkan keuntungan dari hasil budidayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *