Cek-Jenis-Penyakit-Lewat-Golongan-Darah

Cek Jenis Penyakit Lewat Golongan Darah

Golongan Darah atau yang dapat dikatakan sebagai Blood Type adalah sebuah ilmu pengklasifikasian darah dari suatu kelompok berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah yang disebabkan karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein para permukaan sel darah merah (red blood cells).

Di dunia ini sebenarnya terdapat sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rhesus (RH) hanya saja sangat jarang untuk bisa anda jumpai. Ilmuwan asal Austria ,Karl Landsteiner yang memperoleh penghargaan nobel dalam bidang fisiologi dan kedokteran pada tahun 1930 merupakan sesosok yang menemukan cara penggolongan dara ABO dan Jan Janskydi seorang serologi ,neurologis dan psikiater merupakan ilmuwan yang mengklasifikasikan dara manusia ke dalam empat grup yang digunakan pada tahun 1907 hingga saat ini.

Empat pembagian grup dari golongan darah (blood type) dari jenis antigen ABO yang tercatat masih digunakan hingga saat ini adalah A,B,AB dan O. Sedangkan dari jenis antigen Rhesus (RH) merupakan penggolongan darah lain yang cukup dikenal dengan memanfaatkan faktor rhesus di dalamnya.

Penggolongan tersebut didasarkan dari seseorang yang tidak memiliki faktor rhesus (RH) pada permukaan sel darah merahnya memiliki golongan darah RH- sedangkan mereka yang memiliki faktor rhesus di dalamnya akan digolongkan sebagai RH+ dimana dari faktor antigen rhesus ini sering sekali digabungkan dengan antigen ABO (contoh : O-, O+, A-, A+, B-, B+, AB- & AB+).

Untuk transfusi darah juga masing-masing dari tipe golongan darah tidak memiliki satu kesamaan yang kompatibel sehingga sering kali harus mencari tipe dari golongan darah yang sama agar bisa melakukan transplatasi darah.

Cek Jenis Penyakit Lewat Golongan Darah

Badan Penelitian Kesehatan Dunia atauĀ World Health Organization (WHO) Daftar Sbobet Basket baru-baru ini menemukan kolerasi antara sejumlah penyakit menurun dari pembagian setiap jenis golongan darah.

Hal ini dikarenakan golongan darah yang anda miliki ditentukan berdasarkan substansi pada permukaan terluar sel darah merah dalam tubuh. Substansi mikroskopik ini berinteraksi dengan sistem imun yang dapat mempengaruhi resiko terhadap jenis penyakit tertentu. Jadi baik itu anda adalah tipe golongan dari darah A,B,AB maupun O bisa saja kebal terhadap beberapa jenis penyakit ataupun rentan terhadap penyakit tersebut.

Walaupun begitu ini hanya segelintir penelitian yang masih terlalu dini untuk dapat ditarik kesimpulannya dan dari penelitian ini juga para ahli masih belum dapat menemukan penjelasan yang pasti untuk kolerasi tersebut. Namun dari hal ini ada baiknya anda untuk mengetahui jenis potensi dari resiko penyakit sejak dini sehingga jika memang benar ini terjadi maka anda dapat bertindak untuk mencegahnya. Adapun resiko penyakit dari setiap golongan darah beserta cara mencegahnya diantaranya.

Golongan Darah A

Tipe golongan darah jenis ini dikatakan memiliki resiko terkena penyakit kanker perut (stomach cancer) sebesar 20% lebih besar bila dibandingkan dengan jenis golongan darah lainnya.

Kanker perut (stomach cancer) adalah jenis penyakit berbahaya yang menyerang bagian perut dan sekitarnya yang disebabkan oleh bakteri H. Pylori ,tercatat bahwa hampir 90 dari 100 persen manusia merupakan inang dari jenis bakteri ini ,namun untuk jenis golongan darah A memiliki potensi / resiko yang paling besar untuk terjangkit kanker perut ini.

Diungkap oleh Gustaf Edgren MD, PHD yang merupakan seorang epidemiologis di Karolinska University Hospital ,Swedia bahwa untuk jenis kalangan dengan golongan darah A memiliki reaksi sistem imun yang lebih sensitif terhadap jenis bakteri penyebab kanker perut ini.

Pencegahan : kanker perut terjadi karena konsumsi daging kalengan yang terlalu berlebihan ,untuk itu sangat disarankan untuk membatasi konsumsi daging seperti (sosis ,kornet ,bacon) yang memiliki kandungan nitrat yang merupakan pendukung atau komponen yang menyebabkan jenis kanker perut ini berkembang dan menjadi ganas.

Golongan Darah B

Beberapa kalangan dengan jenis golongan darah ini memiliki resiko / potensi rentan terhadap penyakit diabetes atau penyakit pembuluh darah koroner 20% lebih besar dibandingkan dengan jenis golongan darah lainnya.

Pembuluh darah koroner atau yang sering disebut juga dengan penyakit jantung iskemik merupakan jenis penyakit yang lebih berhubungan dengan jantung dimana segumpalan darah / plak ateroma pada arteri koroner yang merupakan titik vital didalam jantung tubuh dengan fungsi untuk memopa nutrisi dan oksigen ke otot jantung (miokard).

Menurut sebuah studi dan penelitian dari perguruan tinggi bidang kesehatan dari Havard School of Public Health ,yang mengungkapkan bahwa jenis penyakit ini rentan dan bisa pecah sehingga menyebar hingga ke bagian paru-paru.

Pencegahan : dikarenakan jenis penyakit ini adalah bagian yang berhubungan dengan darah maka anda wajib untuk mengontrol tekanan darah anda dan menghindari segala penyakit yang berhubungan dengan darah seperti diabetes dan lain sebagainya.

Golongan Darah AB

Untuk jenis penyakit ini disebutkan oleh University of Vermont bahwa memiliki 11 persen kemungkinan terbesar untuk rentan terhadap penyakit kognitif (penyakit yang berhubungan dengan otak) jika dibandingkan dengan jenis penyakit lainnya.

Untuk jenis penyakit ini akan mempengaruhi kemampuan berfikir dari seseorangĀ  sehingga kalangan yang mengidap penyakit tersebut akan terganggu atau kesulitan dengan daya ingat ,kemampuan berpikir dan belajar. Menurut kesimpulan dari Mary Cushman seorang dengan gelar hematologis yang memiliki peran penting menemukan fakta dari penelitian tentang apabila seseorang dengan kondisi kardiovaskular (faktor penggumpalan darah) yang dapat mempengaruhi kinerja otak seseorang.

Pencegahan : Perbanyak aktifitas fisik yang memungkinkan akan membawa oksigen lebih banyak kedalam otak ,serta sangat disarankan untuk selalu melatih otak dan daya pikir anda dengan cara membaca buku atau mempelajari hal-hal baru.

Golongan Darah O

Untuk jenis golongan darah yang satu ini memang memiliki keunikan yang dimana memiliki sistem imun lebih besar sekitar 23 persen dibandingkan dengan golongan darah lainnya serta memiliki kekebalan untuk terkena penyakit jantung serta kanker prankreas.

Namun untuk jenis golongan darah O memiliki potensi lebih besar untuk terkena penyakit jenis tukak lambung yang disebabkan sama bakteri H. pylori (sama dengan kanker perut). Terlebih lagi untuk wanita yang memiliki golongan darah tersebut memiliki potensi produksi sel telur lebih rendah bila dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Pencegahan : tukak lambung adalah iritasi yang pada bagian lambung yang disebabkan akibat cairan asam yang berlebihan. Untuk pencegahan sangat disarankan bahwa menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan. untuk wanitaa sangat disarankan untuk memiliki kelebihan berat badan dan perbanyak pola makan yang meningkatkan sel telur.

Meski ini hanya gambaran untuk anda tetapi sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan anda sebab kesehatan adalah harta terbesar yang kita miliki ,ingatlah selalu bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *